Wednesday, April 6, 2011

Welcome, April


And yeah, it's April already.


Kalau ditanya apa yang ada di pikiran gue sekarang, jawabannya dua: TA dan mau kemana setelah lulus.
Dari pertengahan Maret, TA gue galau nih. Apalagi kalau ngeliat lab dan teman-teman gue yang sedang mengerjakan TA-nya masing-masing. Makin ngeri ketika nanya Veness kapan kira-kira beres TA, dia bilang "Insyaallah awal Mei deh beres." Oh Tuhan, sedangkan kerjaan gue masih gitu-gitu aja sampai sekarang.


Paling bingung kalau ada yang nanya,
"Kapan beres TA?" atau
"TA-nya udah berapa persen?"


Mungkin karena gue orang yang kurang terorganisir juga (jarang punya target), gue ga tau jawab pertanyaan itu gimana. Juga, kerjaan gue ga bisa saklek diperkirakan beres tanggal sekian bulan sekian. Karena pekerjaan gue segala-galanya ngerancang sendiri. Kayanya kalo ngeliat kerjaan temen gue yang lain, mereka ada literatur dan prosedur yang tinggal diikutin, tapi emang ribet dan panjang prosesnya. 
Lalu ketika gue mau memulai tahap baru, eeh adaa aja halangannya. Dari tahapnya diubah sama pembimbing, alat rusak, mediumnya ribet, sampai isolat bakteri yang ga tumbuh-tumbuh. :(


Di sisi lain, banyak faktor yang membuat gue merasa harus lulus Juli. Dari ngeliat temen-temen yang bekerja begitu rajinnya (tiap hari ke kampus) dan target mereka yang mau lulus Juli. Dari pembimbing gue yang nembak 'Juni beres yah'. Dan dari bokap yang pengen gue lulus Juli--sebenernya sih biar gue bisa ikut ke Belanda aja, ga maksa juga, alhamdulilah ortu ga force banget untuk lulus Juli.


Well menargetkan Juli sih emang ga salah. Biar kitanya lebih semangat. Tapi, gue sih pengennya, gue ngerjain TA dengan sepenuh hati yang gembira, stres mungkin ada, tapi pengennya enjoy aja gitu ngerjain sesuatu yang bakalan menyita waktu dan pikiran selama kurang lebih 6 bulan. Sumpah deh, semenjak TA, pikiran gue ga bebas. Kalau ga ke kampus rasanya dosaa banget. Tapi kalau ke kampus dan belum tau tahap selanjutnya yang mau dikerjain juga akhir-akhirnya galau.

Ya Allah, mudah-mudahan aku bisa mengusahakan yang terbaik. Segala usaha ujung-ujungnya adalah doa, berpasrah pada Allah, karena Dia Yang Maha Kuasa. Kemarin aja pas gue mau pake autoklaf Tomy untuk pasteurisasi, si Tomy ngadat, ga bisa dipake. Eh besokannya, pas anak-anak 08 mau pake, JALAN. Mungkin karena gue kurang amal, kurang ibadah kali ya ;(


Oh, gue cerita TA panjang gini. Belum nyeritain kegalauan gue tentang mau apa nanti setelah lulus. Itu bakal lebih panjang dan complicated lagi. Yaaah, sekarang sih jalanin aja, I'll do my best, insyaallah.




Cheers!

No comments:

Post a Comment