Saturday, May 15, 2010

Evolusi Ciput

Bagi yang ngga tahu ciput, maybe it'll helps:
ciput adalah sejenis topi yang dikenakan sebelum memakai kain jilbab untuk memberikan kesan struktur jilbab yang lonjong sempurna dan kokoh pada bagian wajah
                                                                          - Aldyla Nisa Raditya, my clever-but-crazy friend :D

Memilih ciput layaknya memilih jodoh (oke, kejauhan sih kalau disamain kaya jodoh).
Memilih ciput layaknya mencari identitas (nah, ini baru bener). Orang yang baru pake jilbab pasti gonta-ganti ciput demi mencari ciput yang cocok dengan keinginan dan bentuk wajah.

Gue berkerudung sejak kelas 2 SMA. Waktu awal-awal, gue sempat diejek (sama orang yang udah dijilbab duluan dan bentuk jilbabnya udah established) waktu kerudung gue sangat tidak enak dilihat karena penyon disana-sini. Fyi, penyon adalah bahasa sunda untuk ngga rapi, melesak, dan semacamnya. I tell you, kerudung ngga rapi waktu masa-masa pertama pake jilbab adalah sesuatu yang wajar sewajar air mengalir dari hulu ke hilir.

Ciput kedua gue adalah ciput yang gue temukan di laci bekas kakak gue. Ciput kain dengan lapisan mika di bagian dalem topinya (on the top of the forehead when you wear it). Suatu hari ketika gue terburu-buru ngeberesin koper, ciput itu tertekan dan prek!, mikanya patah. Hweks. Alhasil bentuk kerudung gue jadi bengkok ke kanan. It was so bad and I lived with it for years. I guess people were thinking I'm ugly and wondering why I didn't repair or throw it away and buy the new one. So, taun kemarin ciput mika patah gue dipensiunkan dan diganti dengan ciput kain item yang simpel dan rapi. And the new me was born, haha :D.


Can you spot the difference? :D

Tren sekarang kayanya ciputless alias ga pake ciput untuk dasar kerudung. Gue pernah nyoba, but it didn't work. Gue heran aja ngeliat orang yang ciputless tapi kerudungnya ngebentuk, how come?? Mungkin lain kali gue coba lagi deh, dan kalo berhasil mungkin bisa jadi evolusi ciput gue selanjutnya.


Cheers!


No comments:

Post a Comment