Wednesday, July 5, 2017

Dipaksa Baru Gerak

Halo, Juli!

First of all, gw agak sebel sama template background blog yang udah dipake sejak pindah ke blogspot (dari wordpress), means sejak 2010, out of nowhere tiba-tiba semacam outdated gitu terus warning-nya all over the place jadi blog ini selama (kayanya) beberapa hari cem blog alay yang background-nya too much pattern sampe susah baca teksnya. Well, sekarang sih udah dibenerin (padahal ganti theme doang, gaya lu udah kaya ngoding :p). Ketauan jarang ngeblog--dan jarang ada yang visit #sad--jadi baru ketauan 2 hari yang lalu.

Well sekarang, blog ini setidaknya ga akan sepi sepi amat. Karenaaaaaa... *drum roll*

The #31DAYSWRITINGCHALLENGE begins today!

Challenge yang diinisiasi oleh Pak Bos ini menantang pesertanya untuk nulis selama 31 hari berturut-turut. Seperti sholat atau puasa, kita ga boleh numpuk tulisan misalnya hari ini nabung 3 tulisan biar 3 hari ke depannya bisa shantay kagak nulis. Semacam sholat Subuh hari ini 6 rakaat biar 2 hari ke depan ga usah sholat. Ga boleh kan? Intinya biar kita memancing daya pikir dan daya ekspresi untuk menuangkan pikiran itu dalam tulisan, setiap harinya.

Gw yang self-acclaimed penulis ini tentu saja menyambut baik ide ini. Masih jauh rasanya untuk jadi penulis beneran karena buku lu udah diterbitin dimana aja, wa? Well, of course mewujudkan tulisan menjadi sebuah buku adalah impian semua penulis, tapi yang menurut gw gak kalah penting adalah membentuk mental penulis. Menurut gw, penulis adalah seseorang yang banyak baca, banyak berpikir, banyak mengobservasi, kemudian tentu saja banyak menulis. Banyak mikir dan merhatiin (terutama sifat orang) iya, tapi gw masih kurang di baca dan nulis. Karena kerjaan sehari-harinya nulis, jadi kadang udah males kalo harus nulis pikiran dan curhatan sendiri #nyarialasan.

Untuk itulah gw juga 2 tahun belakangan ini memaksa diri untuk baca 1 buku dalam 1 bulan (as I said on earlier posts). Karena dipikir-pikir, orang tuh ya, gw sih personally, harus "dipaksa" dulu baru bisa gerak. Tapi "paksaan" yang berhasil adalah jika itu dikawinkan dengan our own will to do atau setidak-tidaknya it will affects us, financially, socially, physicly, dan -ly lainnya. Misalnya, mau kurus maka pergi ke gym. Seminggu awal masih semangat, tapi udah masuk minggu ke-3, bulan ke-2, udah males. Tapi kalau ga nge-gym sayang udah bayar untuk 6 bulan. Atau, kalau ga nge-gym nanti kebaya nikahnya ga muat. We know that we have to go somewhere but the hardships along the way make us avoid or dislike the journey to achieve that goal. Maka kemudian harus ada anchor yang bikin kita--mau ga mau--stick to the plan.

Therefore, this #31dayswritingchallenge ini kalau ga nulis sehari, konsekuensinya adalah didenda, yang nominalnya lumayan buat jajan kopi-kopi kafe. Challenge #abookamonth tersendat-sendat ya karena ga ada konsekuensinya, yang bikin aturan dan yang jalanin cuma sendiri jadi ga ada wasitnya selain gw yang skill disiplinnya mirip-mirip sama skill kalkulusnya.

Speaking of "paksaan", memang tujuan yang ada angkanya itu lebih bisa bikin semangat karena ada acuannya. Selain writing challenge ini, di bulan ini juga gw memaksa diri untuk bisa bayar hutang puasa Ramadhan kemarin sebelum kemudian bisa puasa Syawal. Rumusnya kan 29 + 6 = 365. Puasa Syawal setelah beres puasa Ramadhan katanya seperti berpuasa setahun penuh. So, kalau itu bisa gw capai, itu prestasi sih untuk ukuran gw. Challenge lain yang ga penting adalah gw lagi pengen ngerekam rutinitas gw tiap hari selama 31 hari selama Juli ini untuk akhirnya dikompilasi jadi semacam vlog (udah gaul kaya milenial belum nih? :p). Niatnya sih, agar gw bisa melihat diri sendiri karena kadang day by day cuma lewat gitu aja tanpa disadari. Outputnya, bisa untuk instrospeksi atau be grateful of what, where, and who I am--yang seringnya membandingkan dengan hidup orang lain.

So, those are the plan for this month. Semoga segala "paksaan" ini bisa membantu membentuk perspektif baru. Disclaimer to my perfectionist self: this wont be going smooth, there will be times when you'll feel bored and not in the mood, or even cheat and then feel miserable because you can't accomplish something. That's okay. Just remember why you started. ;)

Sok asik

Cheers!
#31dayswritingchallenge #day1

No comments:

Post a Comment